Senin, 20 September 2010

POS PELAYANAN KESEHATAN ARUS MUDIK LEBARAN TAHUN 2010 DI ENTIKONG

Situasi arus mudik lebaran tahun ini diperkirakan lebih ramai dari tahun-tahun sebelumnya. Hal ini dapat dilihat pada hari pertama pelaksanaan pos pelayanan kesehatan arus mudik lebaran tahun 2010 di Entikong dimana jumlah pemudik yang terdata di Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas II Pontianak Wilker Entikong yang menggunakan alat angkut bis antar negara berjumlah 380 orang. Hal tersebut dapat dikarenakan banyaknya WNI yang bekerja di Malaysia memanfaatkan momen lebaran untuk pulang kampung halaman dan bertemu keluarga. Selain itu juga bisa karena telah habisnya masa kerja/kontrak bagi sebagian TKI kita.
Pada hari kedua pelaksanaan pos pelayanan kesehatan arus mudik lebaran tahun 2010 di Entikong ini, KKP Kelas II Pontianak Wilker Entikong mendapat kunjungan dari Direktur PPML Ditjen PP&PL yaitu dr.M.Subuh,MPPM untuk memantau langsung situasi di Entikong serta memberikan bimbingan teknis tentang jenis penyakit yang menular langsung yang memerlukan perhatian dan penanganan yang cepat.
Dari hari pertama sampai hari ketujuh pelaksanaan pos pelayanan kesehatan arus mudik lebaran tahun 2010 di Entikong, terdata jumlah pelintas yang masuk ke Indonesia menggunakan alat angkut bis antar negara sebesar 4725 orang, dengan jumlah terbanyak pada hari ke empat pelaksanaan pos pelayanan kesehatan arus mudik lebaran tahun 2010. Jumlah ini tentunya masih bisa bertambah lebih banyak karena tidak semua pemudik atau TKI yang pulang dari Malaysia menggunakan bis antar negara. Khusus untuk situasi lebaran tahun 2010 ini, KKP Kelas II Pontianak Wilker Entikong membuat register pendataan jumlah pelintas secara spesifik, yaitu berdasarkan alat angkut serta total pelintas yang masuk ke Indonesia tiap hari. Dengan maksud agar dapat terpilah mana pelintas yang merupakan pemudik dan pelintas biasa atau wisata.
Untuk jumlah pasien yang mendapat pelayanan kesehatan di pos kesehatan KKP Pontianak Wilker Entikong dari tanggal 3 sampai dengan 9 september 2010 berjumlah 23 orang, dengan diagnosa penyakit paling banyak adalah Gastritis.
Setelah selesai lebaran, diperkirakan arus balik lebaran ke Malaysia tetap ramai. Oleh sebab itu pos pelayanan kesehatan arus mudik lebaran tahun 2010 di Entikong tetap siaga.Dari pelintas yang keluar dari Indonesia yang menggunakan alat angkut bis antar negara terdata di KKP Kelas II Pontianak Wilker Entikong berjumlah 1501 orang. Dari jumlah yang terdata tersebut, terdapat 2 orang yang memerlukan pelayanan kesehatan di pos pelayanan kesehatan arus mudik lebaran tahun 2010 di Entikong

Tidak ada komentar:

Posting Komentar